Tim UPA TIK ikut serta pada Rapat Koordinasi Pembahasan Pemeringkatan UNG bersama Wakil Rektor IV

Oleh: Sri Wulandari Liputo . 27 Februari 2024 . 13:30:00

Gorontalo , Selasa (27/02/2024) di Ruang Rapat Lantai 3 Rektorat UNG Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Dr. Harto S. Malik, M.Hum  mengadakan Rapat Koordinasi Pembahasan Pemeringkatan UNG . Pada kesempatan ini Dr. Harto S. Malik, M.Hum memperkenalkan Sekretaris UNG Dr. Funco Tanipu, ST.MA serta Ketua Divisi Pemeringkatan dr. Sri Manovita Pateda, M.Kes., Ph.D. Kedepannya untuk pemeringkatan UNG akan dipimpin langsung oleh Ketua Divisi Pemeringkatan. 

Rapat Koordinasi Pembahasan Pemeringkatan UNG terdiri dari Koordinator Perencanaan Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan, Sekretaris Universitas Negeri Gorontalo , Ketua Divisi Pemeringkatan , Tim IKU , Tim SAKIP dan Tim Webometric (Tim UPA TIK). Pada kegiatan ini masing-masing tim mempresentasikan materi terkait pemeringkatan yang dimulai dari Tim IKU. Indikator Kinerja Utama yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret. Kebijakan tersebut juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Adapun IKU ini terbagi menjadi 8 yaitu: Lulusan Mendapatkan Pekerjaan yang Layak, Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, Praktisi Mengajar di Dalam Kampus, Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat Atau Mendapat Rekognisi Internasional, Program Studi Bekerjasama, Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif, Program Studi Berstandar Internasional. Selanjutnya Presentasi dilakukan oleh Tim SAKIP. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik adalah dengan menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang baik. SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, yaitu sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi serta mendisain program dan kegiatan dalam pencapaian tujuan. Untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja Universitas Negeri Gorontalo sebagai salah satu instansi pemerintah melalui implementasi SAKIP.

Presentasi terakhir oleh Tim Webometric .  Peringkat Webometrics Universitas Negeri Gorontalo edisi Januari 2024 naik menjadi peringkat 99 dari edisi sebelumnya diperingkat 111 dari Perguruan tinggi Indonesia. Webometrics dalam rangka World Class University merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan eksistensi online perguruan tinggi di dunia internasional, dan merupakan salah satu cara praktis untuk mendorong setiap perguruan tinggi agar memperhatikan aspek konten digital yang dapat dilihat maupun dimanfaatkan oleh khalayak luas. Dengan semakin berkembangnya teknologi online digital saat ini, maka perguruan tinggi tidak hanya dituntut sekedar memiliki website namun perlu memperhatikan aspek kualitas dari website itu sendiri. Webometrics memiliki skema penilaian tersendiri untuk melakukan ranking terhadap suatu perguruan tinggi terutama berkaitan dengan media publikasi online (website, jurnal, repositori). Kunci utama penilaian webometrics yaitu mengacu pada alamat domain dari suatu perguruan tinggi (URL Domain) yang melekat unik pada masing-masing perguruan tinggi. Atas dasar alamat domain inilah webometrics secara rutin yaitu 2 kali dalam setahun (Januari dan Juli) melakukan penilaian berdasarkan beberapa faktor yaitu: ,Impact, Opennes dan Excellence. Untuk masing-masing faktor penilaian tersebut memiliki bobot 50%, 10% dan 40%. 

Selanjutnya peserta rapat diajak untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi lebih lanjut terkait pembahasan pemeringkatan UNG. Semua tim turut antusias dalam memberikan saran-saran dan kritikan untuk perbaikan UNG kedepannya. Semua pihak diharapkan dapat bersinergi untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung tercapainya UNG yang unggul dan berdaya saing. "Saya berharap kita semua dapat melakukan strategi dan pencapaian untuk dapat menaikkan Pemeringkatan UNG. Mari kita bekerja bersama-sama untuk dapat mewujudkan hal itu." Ungkap Dr. Harto S. Malik, M.Hum.

https://s.ung.ac.id/youtube_upttik_ung

https://s.ung.ac.id/instagram_upatik.ung

*Dokumentasi*

 

 

Agenda

22 - 24 Maret 2024

Ujian Kompetensi Ners Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Ners Indonesia Periode Maret 2024

1 - 3 Maret 2024

Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

26 Februari 2024

Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

23 Februari 2024

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG

Penggunaan Lab Komputer dalam rangka kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG