Rapat Kerja UPT TIK UNG Tahun 2023

Oleh: Sri Wulandari Liputo . 11 Maret 2023 . 09:00:00

Gorontalo (11/03) di Ruang rapat Shava Beach Resort , Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengadakan Rapat Kerja penyusunan dan pembahasan program kerja tahun 2023.  Kepala UPT TIK Dr. Moh.Syafri Tuloli, ST, MT, memberikan sambutan pengantar pada kegiatan rapat kerja ini . Rapat kerja ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi  Prof Karmila Machmud , S.Pd, M.A.,Ph.D .

Prof Karmila Machmud , S.Pd, M.A.,Ph.D  Mengucapkan "terima kasih kepada tim UPT TIK karena berkat kerja keras tim UPT TIK webometrics UNG naik menjadi 100 besar . Semoga kedepannya dapat terus di pertahankan atau bahkan bisa masuk 50 besar. Terus terang saja alasan utama saya mau menerima jabatan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi  adalah karena sistem informasinya, dan itu ada di UPT TIK.  TIK itu adalah roh Universitas. Agar bisa selalu up to date dengan perkembangan terbaru , teknologi harus aman,  nyaman dan bisa terjangkau di civitas akademika. Agar dapat unggul dan berdaya saing teknologinya diperkuat. Selain itu teknologi dan informasi harus berjalan dengan baik.  Teknologi informasi itu ada di tempat bapak/ibu sekarang ,karena UPT TIK adalah ujung tombak. Akreditasi harus unggul kalo tidak ada teknologi impossible. Kalau tidak didukung jaringan dan sistem informasi yang up to date tidak mungkin bisa bersaing secara internasional. Oleh karena itu kunci dari suatu Universitas adalah TIK. Tanpa TIK suatu Universitas tidak bisa jalan, TIK adalah jantung Universitas”. Ungkapnya.

Untuk Sistem Informasi saya bermimpi kita dapat mengikuti Universitas di luar negeri. Universitas besar di luar Negeri mereka punya unit tersendiri yang mengurus aplikasi . Masing-masing unit di kampus cukup mengatakan ke UPT itu apa saja aplikasi yang di butuhkan maka akan tersedia. Tapi di Universitas luar negeri itu mereka mempunyai 15-30 orang programmer. Kalau hanya satu tentu tidak akan maju. Untuk itu saya mengatakan ke kepala UPT TIK, untuk menyiapkan empat orang programmer dulu. Kita berawal dari itu dulu. Pelan-pelan semoga mimpi itu bisa kita wujudkan bersama. Saat ini kita sedang mengembangkan beberapa sistem informasi , rencananya kita akan buat 1 sistem informasi yang datanya kita push semua disistem informasi tersebut. Saya ingin memberikan marwah dan kedudukan TIK itu UPT yang paling penting. Silahkan teman-teman berjuang di UPT TIK , masalah anggaran dan sebagainya biar saya yang berjuang. “Ujarnya .

Untuk website setiap ada info penting tolong masukkan. Kita harus proaktif. Kita punya tanggung jawab kolektif untuk mengembangkan website. Dan untuk program kerja tolong dirancang program-program kerja yang benar-benar bermanfaat untuk UNG. Programnya benar-benar segera dieksekusi dan menyangkut nama baik UNG. Mohon dirancang sedemikian rupa agar program kerja itu tidak biasa-biasa saja, dapat muncul di permukaan. Saya orangnya antimainstream . Saya yakin dan percaya dibawah kepemimpinan Dr. Moh.Syafri Tuloli, ST, MT UPT TIK akan benar-benar menjadi jantung Universitas. with great power comes great responsibilities , Dibalik kekuatan yang besar terdapat tanggung jawab yang besar juga . Mari kita bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkan apa yang kita rencanakan dan cita-citakan demi Universitas Negeri Gorontalo,”Ungkapnya .

Setelah rapat kerja dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi  Prof Karmila Machmud , S.Pd, M.A.,Ph.D dilanjutkan dengan pemberian materi pertama tentang Pelayanan Prima dan Skil Komunikasi bagi staf UPT TIK oleh Dosen Bidang Administrasi Publik Dr. Rustam Tohopi, M.Si. Dr. Rustam Tohopi, M.Si menjelaskan tentang Berbagai kebijakan pelayanan publik, pengertian pelayanan publik, manajemen pelayanan prima ,prinsip pelayanan publik , dan sistem kerja pelayanan prima. "Untuk menjadikan pelayanan yang baik , maka komunikasi kita yang harus diperbaiki ," Ujarnya.

Materi kedua tentang Teknis Penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) usulan kegiatan UPT TIK oleh Koordinator Pokja Bidang Perencanaan Universitas Darman ,S.Kom. Darman ,S.Kom menjelaskan tentang kerangka acuan kerja dan substansinya. "Untuk menyusun kerangka acuan kerja kita harus mengetahui program apa yang akan dicapai , mengapa dilaksanakan dan apa hubungan dengan program yang dicapai , oleh siapa program tersebut dilaksanakan , dimana kegiatan dilaksanakan ,bagaimana kegiatan tersebut dilaksanakan dan berapa biaya yang dibutuhkan ", Ujarnya.

Setelah pemberian materi oleh narasumber, rapat kerja 2023 dilanjutkan dengan Pemaparan Program Kerja Divisi/Subag TU , Divisi Infrastruktur Jaringan, Divisi Sistem Informasi dan Divisi Diklat dan Wirausaha. 

Rapat kerja ini ditutup oleh  Kepala UPT TIK Dr Moh.Syafri Tuloli, ST, MT dan di lanjutkan dengan hiburan (games).

 

 

Youtube UPT TIK UNG klik disini

Instagram UPT TIK  klik disini

Agenda

22 - 24 Maret 2024

Ujian Kompetensi Ners Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Ners Indonesia Periode Maret 2024

1 - 3 Maret 2024

Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

26 Februari 2024

Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

23 Februari 2024

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG

Penggunaan Lab Komputer dalam rangka kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG