Rapat Kerja UPA TIK UNG Tahun 2024

Oleh: Sri Wulandari Liputo . 6 Maret 2024 . 09:00:00

Gorontalo Rabu (06/03/2024) di Ruang rapat Shava Beach Resort , Unit Penunjang Akademik (UPA) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengadakan Rapat Kerja penyusunan dan pembahasan program kerja tahun 2024.  Kepala UPA TIK Dr. Mohamad Syafri Tuloli, ST., MT, memberikan sambutan pengantar pada kegiatan rapat kerja ini . Rapat kerja ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Dr. Harto S. Malik, M.Hum.

Dr. Harto S. Malik, M.Hum menyampaikan "Terima kasih kepada Pimpinan dan Civitas Akademika UPA TIK UNG yang telah mengundang saya untuk membuka kegiatan ini serta memberikan Pemaparan Program Kerja terkait Pengembangan Sistem Informasi di Universitas Negeri Gorontalo. Sebelumnya saya menyambut baik kegiatan ini. Saya berharap dengan adanya Rapat Kerja ini dapat membahas misi TIK untuk UNG demi tercapainya Peningkatan akses sistem informasi dan Peningkatan Sistem Pengelolaan Infrastruktur jaringan secara periodik dan berkesinambungan. UNG saat ini mulai menuju PTNBH . Untuk itu Layanan Sistem Informasi sudah harus ditingkatkan. Untuk berapa jumlah mahasiswa , berapa jumlah UKT , berapa jumlah yang mengangsur sudah harus kita fasilitasi dengan teknologi SSO (Single Sign On). Keluhan dosen saat ini ketika mereka memiliki akun misalnya siat itu terlalu pendek waktunya tiba-tiba harus mengupdate akunnya. Saya berharap kita dapat menemukan solusinya. Saya juga berharap kita harus memiliki pakta integritas , dan semua harus menandatanganinya termasuk pengembang. Manajemen resiko dan teknologi informasi juga perlu dipikirkan , tidak boleh diabaikan. Saat-saat tertentu kita dihadapkan dengan berbagai layanan namun terkadang masih adanya keterbatasan akses kita. Untuk itu perlu adanya evaluasi program yang dilakukan , memitigasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan. Untuk siat pengembangannya memang bukan di TIK. Tapi ketika ada masalah diarahkan ke WR IV , Sehingga tidak boleh didiamkan untuk itu saya minta UPA TIK menyediakan draft sebagai pegangan. Oleh karena aplikasi sudah cukup banyak maka security dan integritas penting. Begitu juga dengan Manajemen teknologi informasi. Saya harap Infrastruktur dan aplikasi-aplikasi yang sedang dikembangkan dapat berjalan dengan baik secara optimal. Saya juga berharap TIK dapat membuat survey bagaimana persepsi dari mahasiswa , dosen maupun tendik terkait layanan sistem informasi. Selain itu perlu adanya pelatihan juga terkait layanan sistem informasi. Perlu diadakan juga evaluasi terkait website-website yang ada di UNG , Karena untuk sistem konfigurasi dan desain dari TIK. Dan ini memang tidak saja menjadi tugas teman-teman TIK tapi juga tugas Humas UNG. 

Saat ini UNG telah membentuk divisi baru yaitu divisi pemeringkatan. Saya berharap TIK dapat bekerja sama Karena Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peran yang semakin penting dalam membantu proses kegiatan yang ada di perguruan tinggi Universitas Negeri Gorontalo, terutama dalam berkolaborasi dan berinovasi pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan penunjang terlaksananya tridharma perguruan tinggi. Dan untuk program kerja tolong dirancang program-program kerja yang benar-benar bermanfaat untuk UNG. Programnya benar-benar segera dieksekusi dan menyangkut nama baik UNG. Mari kita bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkan apa yang kita rencanakan dan cita-citakan demi Universitas Negeri Gorontalo,”Ungkapnya .

Setelah pemberian materi oleh narasumber, rapat kerja 2024 dilanjutkan dengan Pemaparan Program Kerja Divisi/Subag TU , Divisi Infrastruktur Jaringan, Divisi Sistem Informasi dan Divisi Diklat dan Wirausaha. 

Acara dilanjutkan dengan pisah sambut bendahara dan Kepala Bidang Infrastruktur Jaringan dan Teknologi Informasi.

Rapat kerja ini ditutup oleh  Kepala UPA TIK Dr. Mohamad Syafri Tuloli, ST., MT dan di lanjutkan dengan hiburan (games).

*Dokumentasi*

 

 

Agenda

22 - 24 Maret 2024

Ujian Kompetensi Ners Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Ners Indonesia Periode Maret 2024

1 - 3 Maret 2024

Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

26 Februari 2024

Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

23 Februari 2024

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG

Penggunaan Lab Komputer dalam rangka kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG