Kunjungan Tim PTN BH di UPA TIK UNG

Oleh: Sri Wulandari Liputo . 13 Februari 2024 . 14:00:00

Gorontalo, Selasa (13/02/2024) UPA TIK UNG mendapat kunjungan dari Tim UNG menuju PTN BH diantaranya Dr. Rio Monoarfa, SE.,Ak., M.Si., CA , Prof. Dr. Ir. Mahludin H. Baruwadi, M.P , dan Jemmy Pakaja, M.Kom. Dalam kunjungan tersebut Tim UNG menuju PTN BH menjelaskan terkait poin-poin yang bisa menaikkan skors UNG untuk peringkat PTN BH seindonesia. Diantara poin-poin itu ada yang menjelaskan tentang kampus digital. Semua institusi termasuk perguruan tinggi harus mempersiapkan diri dan berinovasi agar semakin kompetitif melalui transformasi digital. Transformasi adalah proses perubahan terstruktur yang direncanakan untuk mencapai tujuan. Transformasi digital di perguruan tinggi mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk secara cepat mengubah cara institusi beroperasi dan melayani mahasiswa, dosen, pegawai, industri, orangtua, dan pemerintah. Transformasi digital sangat dibutuhkan karena, jika dirancang dengan baik, tidak hanya mampu menurunkan biaya operasional, tetapi lebih dari itu inovasi yang dihasilkan serta penerapan teknologi digital dan kecerdasan buatan mampu menghasilkan efisiensi pada institusi. Suatu institusi disebut melakukan transformasi digital dengan sukses jika menggunakan kemajuan teknologi dan teknologi informasi (tidak sebatas digitisasi dan digitalisasi saja), tetapi mampu bertransformasi membuat model bisnis baru.

Dalam penjelasannya Dr. Rio Monoarfa, SE.,Ak., M.Si., CA menyampaikan harapan dan mimpi Rektor UNG yaitu kelak UNG sudah dapat menerapkan Teknologi VR (Virtual reality) , Internet of Things (IoT) dan Metaverse untuk jangka panjang. Virtual reality (VR) merupakan  teknologi komputer yang dapat membuat pengguna mampu untuk berinteraksi dengan lingkungan didalam dunia maya yang disimulasikan, sehingga terasa seperti didalam lingkungan tersebut. Diharapkan kelak orang yang berada diluar negeripun bisa jalan-jalan di UNG secara virtual dan terasa seperti nyata atau berada di lingkungan UNG. Internet of Things adalah sebuah konsep yang terhubung dengan perangkat sebagai media komunikasi berbasis internet. Dengan adanya IoT, seorang user dapat saling terhubung dan berkomunikasi untuk melakukan aktivitas tertentu, mencari, mengolah, dan mengirimkan informasi secara otomatis. Sedangkan metaverse adalah kolaborasi, perpaduan, atau penggabungan antara dunia fisik dengan dunia digital melalui penggunaan berbagai macam teknologi dan program. Mengunjungi metaverse melalui penggunaan virtual reality (VR). 

Untuk aplikasi-aplikasi yang sudah digunakan di UNG mendapat respon yang sangat positif dari tim wawancara diantaranya SITU , SIRBA dan SIK-BLU. Adapun Aplikasi manajemen aset perlu menjadi perhatian khusus agar bisa digunakan kembali , sehingga dapat menambah poin-poin yang sudah ada.

Kepala UPA TIK UNG Dr. Moh.Syafri Tuloli, ST, MT  menyampaikan bahwa kedatangan Tim PTN BH di UPA TIK UNG merupakan hal yang sangat positif dan bermanfaat bagi perkembangan UPA TIK. Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK)  UNG terus berkomitmen pada pemanfaatan teknologi informasi yang efektif dan inovatif , Karena Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peran yang semakin penting dalam membantu proses kegiatan yang ada di perguruan tinggi Universitas Negeri Gorontalo, terutama dalam berkolaborasi dan berinovasi pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan penunjang terlaksananya tridharma perguruan tinggi. UPA TIK UNG juga mendukung penuh perubahan UNG dari PTNBLU menjadi PTNBH.

https://s.ung.ac.id/youtube_upttik_ung

https://s.ung.ac.id/instagram_upttik_ung

Agenda

22 - 24 Maret 2024

Ujian Kompetensi Ners Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Ners Indonesia Periode Maret 2024

1 - 3 Maret 2024

Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

26 Februari 2024

Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

23 Februari 2024

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG

Penggunaan Lab Komputer dalam rangka kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG