Bimbingan Teknis Aplikasi Surat Elektronik di Fakultas Pertanian UNG

Oleh: Sri Wulandari Liputo . 22 Januari 2024 . 14:30:00

Gorontalo , Senin (22/01/2024) di Lab Komputer FAPERTA,  UPA TIK UNG melaksanakan Bimbingan Teknis Tata Persuratan Berbasis Aplikasi Surat Elektronik di Lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum Dr. Supriyo Imran, S.P, M.Si. Beliau menyambut baik inisiatif UPA TIK UNG dalam meningkatkan pelayanan akademik melalui implementasi surat elektronik. Beliau berharap melalui kegiatan Bimbingan Teknis ini dapat memberikan pemahaman teknis tentang pengajuan surat secara elektronik menggunakan aplikasi Manajemen Surat kepada pejabat struktural Fakultas Teknik yang akan menandatangani surat maupun operator-operator yang akan ditugaskan untuk mengelola surat sehingga sudah dapat direalisasikan di lingkungan Fakultas Pertanian UNG.

Tim UPA TIK Wahidin Usulu, S.Kom menjelaskan bahwa untuk menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada aplikasi surat elektronik, semua pejabat di lingkungan UNG, termasuk dosen dan tenaga kependidikan, harus memiliki passphrase yang dapat diperoleh melalui Aplikasi Manajemen Sertifikat (AMS) Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). TTE akan sangat membantu karena tidak mengenal jarak dan waktu. Penggunaan TTE mempunyai kekuatan hukum yang setara dengan tanda tangan basah. Adapun proses Pendaftaran akun TTE dan Penerbitan Sertifikat Elektronik membutuhkan beberapa item data yang akan diintegrasikan ke aplikasi Sistem Informasi Tata Usaha (SITU) UNG sehingga pejabat UNG wajib melengkapi data diri melalui situ.ung.ac.id . Untuk mengetahui daftar pejabat yang sudah memiliki TTE melalui linkhttps://s.ung.ac.id/tte-pejabat .

Bimtek dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan aplikasi surat elektronik  dengan melakukan demo aplikasi surat dari role operator sampai role kepala departemen untuk penandatanganan surat menggunakan TTE. Tim UPA TIK juga menjelaskan terkait tata naskah dinas yang harus dikuasai oleh operator yang akan membuat surat , agar klasifikasi suratnya tidak akan salah. Bimtek ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dan Tim UPA TIK. Adapun dasar Kepmen dan SK tentang TND (Tata Naskah Dinas) yang menjadi dasar Aplikasi Manajemen Surat melalui link https://s.ung.ac.id/DasarAplikasiManajemenSurat . UPA TIK juga memberikan layanan diskusi atau tanya jawab melalui Layanan zoom https://s.ung.ac.id/ZoomAplikasiSurat selama bulan Januari.

Acara sosialisasi yang berlangsung di Fakultas Pertanian UNG dihadiri oleh Wakil Dekan, dan Koordinator Program Studi. Turut hadir pula jajaran Tenaga Kependidikan (Tendik) di FAPERTA UNG. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teknis tentang pengajuan surat secara elektronik menggunakan aplikasi Manajemen Surat, yang dapat diakses melalui alamat http:/surat.ung.ac.id.

https://s.ung.ac.id/youtube_upttik_ung

https://s.ung.ac.id/instagram_upttik_ung

*Dokumentasi*

 

Agenda

1 - 3 Maret 2024

Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Nakes Indonesia Periode Maret 2024

26 Februari 2024

Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk Tes Kebhinekaan peserta IISMA tahun 2024

23 Februari 2024

Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG

Penggunaan Lab Komputer dalam rangka kunjungan Industri SMK Negeri 1 Suwawa di UPA TIK UNG

22 Februari 2024

Tes Sertifikasi dosen Februari 2024

Penggunaan Laboratorium Komputer untuk tes sertifikasi dosen